Ingin Menjadi Blogger Produktif? Ikuti Sistem Ini


image


Jika anda mengaku seorang blogger,  anda di haruskan untuk menulis.  Oleh karena itu, produktivitas anda dihitung dari jumlah kata yang di tulis, apakah anda seorang yang produktif (misalnya blog ter-update secara konsisten dan selesai dengan cepat).  Untuk tujuan itu, ada sebuah sistem yang anda harus ikuti.


Sistem ini biasa di sebut dengan Sistem Blogger Produktif (SBP). terdiri dari 4 tahapan, sistem ini akan efektif jika anda melaksanakannya sebelum aktivitas lain seperti bermain facebook atau membaca blog orang lain.


1.  Menemukan Ide Tulisan (5 menit)

Tahap pertama adalah menemukan ide tulisan.  Ide ide ini dapat di temukan dari pengalaman diri kita sendiri, postingan orang lain, buku, majalah, televisi atau masalah yang sedang di hadapi. Aktivitas ini seyogianya tidah lebih dari 5 menit.


2.  Menulis (60 menit/1 jam)

Tahap selanjutnya adalah menulis berdasarkan ide yang di temukan.  Sasaran anda pada tahap ini adalah membuat draf pertama tulisan.  Tentu, draf ini terdiri dari judul, pendahuluan, isi, simpulan dan bagian meminta pembaca untuk bertindak (Call To Action).

Trik agar lancar menulis adalah :

   1. Pisahkan menulis dan mengedit
   2. Hilangkan gangguan menulis            (misalnya mematikan internet          atau jaringan hp sobat)
   3. Cari tempat yang nyaman                  untuk menulis (misalnya di                ayunan atau di warkop).

Waktu yang di butuhkan untuk menulis draf pertama ini bergantung jumlah kata yang diinginkan.  Sebagai contoh, saya butuh 60 menit/1 jam untuk menulis draf pertama postingan dengan 500 kata. Sementara itu, saya butuh 120 menit/2 jam untuk menyelesaikan draf kedua dengan postingan 1.000 kata.


3.  Mengedit (90 menit)

Setelah draf pertama selesai, anda harus mengeditnya.  Aktivitas ini dapat di lakukan sesegera mungkin atau setelah jangka waktu tertentu (misalnya satu atau dua hari kemudian). Kapanpun anda melakukannya, mengedit terdiri dari memperbaiki kata yang salah ketik, mengefektifkan kalimat, menysipkan kata kunci dll.


Karena menggunakan otak (Logika), mengedit umunya butuh waktu lebih lama daripada menulis. Secara pribadi, saya butuh 90 menit untuk mengedit draf pertama dengan postingan 500 kata.


4.  Mempublikasikan (10 menit)

Setelah melalui pengeditan, draf pertama berubah menjadi tulisan final yang siap di publikasikan di blog sobat. Sebelum menekan tombol publish, ada 3 hal yang harus di lakukan.  Pertama, memformat tulisan tersebut agar lebih baik. Ini dapat berupa menggunakan H3 pada poin poin yang di bahas dan menambahkan read-more agar tidak panjang du halaman depan blog. Kedua, membuat tautan (link) ketulisan sendiri atau orang lain . Kedua aktivitas ini butuh waktu kurang dari 10 menit.


Ketiga, menysipkan gambar agar tulisan lebih menarik (betsifat optional karena bergantung kepada selera blogger). Gambar yang di pilih seyogianya tidak melanggar hak cipta orang lain. Untuk tujuan tersebut, anda dapat mencari gambar di flickr dan situs lainnya. Pencarian gambar di situs tersebut butuh waktu sekitar 15 menit.


Setelah menyelesaikan kedua hal di atas, anda dapat menekan tombol publish. Baca kembali tulisan yang di publikasikan tersebut (umum disebut postingan), siapa tahu masih ada yang salah ketik. Kalau masih ada edit postingan tersebut sesegera mungkin.


Dengan mengikuti 4 tahap SBP di atas, anda dapat menjadi seseorang blogger produktif. Tentu, anda butuh komitmen untuk melaksanakannya agar konsisten. Bila sudah konsisten, menjadi blogger produktif tidaklah sesulit yang di bayangkan.


Sekian dulu postingan yang dapat saya bagikan, dan semoga bermanfaat untuk kalian semua.
Dan jangan lupa untuk mengikuti halaman saya di bawah ini
Blogger
Disqus

No comments