Penyebab Akun AdSense Anda Dibanned


penyebab akun adsense dibanned


  Google AdSense memang salah satu media periklanan yang paling banyak diminati oleh para blogger, karena Google AdSense boleh dibilang memberikan komisi yang lumayan besar untuk para publishernya. Dibalik komisinya yang besar !! menjadi publisher AdSense tidaklah sembarangan, karena tidak lepas dari peraturan yang harus dipatuhi oleh para publisher yang dibuat oleh Google AdSense, jika tidak maka kemungkinan besar dibanned bisa saja terjadi pada blog anda atau pada akun AdSense anda.

Sebagian besar hal-hal yang berkaitan dengan pelanggaran kebijakan Google AdSense sebenarnya dapat kita antisipasi, namun sayangnya terkadang ada beberapa penyebab akun AdSense yang dibanned.

Artikel ini saya buat dari pengalaman saya, ketika saya mendapatkan email dari Google AdSense yang berisi peringatan bahwa blog saya ada beberapa halaman yang dianggap melanggar kebijakan dari Google AdSense, setelah saya amati ternyata penyebabnya jauh dari dugaan saya.

Hal serupa mungkin saja terjadi pada akun AdSense milik anda, oleh karena itu melalui artikel saya kali ini saya akan berbagi kepada anda semua untuk mengantisipasi hal yang dapat menyebabkan akun AdSense anda dibanned.

1.  Iklan muncul dihasil pencarian blog

Adanya fasilitas pencarian dihalaman blog sebenarnya tidaklah masalah, justru mempermudah pengunjung menemukan blog anda. Namun, ternyata fasilitas pencarian kadang digunakan oleh pengunjung blog anda dengan mencari kata yang tidak relevan.

Pelaggaran yang terjadi;

a.  Pengunjung menggunakan pencarian dengan kata-kata yang tidak sesuai kebijakan
Seperti yang terjadi dengan blog saya, saya mendaparkan email yang berisi peringatan dari Google AdSense yang cukup membuat saya terkejut, karena ternyata setelah dibaca penyebabnya adalah karena dihalaman saya terdapat url yang mengandung text iklan yang melanggar kebijakan Google AdSense.

b.  Hasil pencarian berpotensi menampilkan halaman kosong
Ini juga menjadi alasan kenapa kita tidak boleh mengaktifkan iklan adsense dihasil pencarian blog, jika kata kunci yang digunakan adalah kata kunci yang tidak relevan sama sekali, maka hasil pencarian akan menghasilkan halaman kosong saja atau tidak ada hasil. Karena memang kata-kata yang digunakan tidak relevan dengan artikel apapun pada blog anda.

BAGAIMANA AGAR IKLAN ADSENSE TIDAK MUNCUL DIHALAMAN PENCARIAN BLOG?

Memang pada awalnya tidak ada yang salah dengan tampilnya iklan dihalaman pencarian blog, namun ketika ada pengunjung yang melakukan pencarian dengan kata kunci pencarian yang mengandung kata-kata yang tidak sesuai dengan kebijakan atau kata kunci pencarian yang tidak cocok dengan arikel apapun, sehingga bisa menghasilkan halaman yang kosong. Sementara iklan yang tampil pada halaman hasil pencarian itu akan menjadi masalah untuk akun Google AdSense anda, seperti yang saya alami.

Kasus ini membuat saya terpaksa harus menghilangkan iklan dihalaman hasil pencarian blog untuk mengantisipasi kemungkinan yang sama terjadi dikemudian hari.

Langkah-langkah agar iklan tidak ikut tampil dihalaman hasil pencarian blog adalah sebagai berikut;

  • Temukan kode-kode AdSense yang tampil dihalaman hasil pencarian blog.
  • Bungkus dengan tag kondisional blog, pada setiap kode unit iklan AdSense yang tampil dihalaman hasil pencarian. Sehingga menjadi seperti dibawah ini;

<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;index&quot;'>
<b:if cond='data:blog.pageName == &quot;&quot;'>
     KODE ADSENSE ANDA
</b:if>
</b:if>

Dengan membungkus kode unit untuk iklan AdSense menggunakan kode tag kondisional diatas, iklan tidak akan muncul dihalaman hasil pencarian blog ketika ada pengunjung melakukan pencarian pada blog anda.

2.  Hati-hati dengan link yang terpasang pada komentar

Jika anda memberlakukan komentar pada blog anda, moderasilah komentar dengan teliti, jangan sampai ada pengunjung blog yang memasang komentar dengan Name/URL atau menggunakan Open Id, juga diisi komentar yang memasang link menuju situs-situs yang tidak sesuai kebijakan.

Ini juga pernah terjadi pada blog saya, saya mendapatkan peringatan yang sama seperti kasus diatas, malahan disalah satu halaman blog saya dianggap mengandung Url yang menuju situs-situs yang tidak sesuai kebijakan AdSense, alhasil saya menemukan ada komentar yang memasang link dinama komentar yang menjuju ke situs yang tidak sesuai dengan kebijakan.

3.  Jangan menggunakan iklan AdSense diblog dengan topik Download

Jika anda memiliki artikel yang bertemakan tentang download, janganlah sekali-sekali memasang iklan AdSense diblog anda, saya pernah membuat artikel tentang Mendownload sebuah aplikasi, dan dihalaman tersebut iklan AdSense muncul secara otomatis.

Diawal memang tidak terjadi apa-apa sampai akhirnya saya mendapatkan email teguran dari Google AdSense bahwa iklan Google AdSense terpasang pada artikel yang mendukung penyalah gunaan produk dari Google, akhirnya saya diberi pilihan untuk tidak menampilkan iklan dihalaman tersebut atau menghapus arikelnya, karena ingin aman saya terpaksa harus menghapus artikel tersebut dari blog dan index melalui webmaster tool.

Baca juga penyebab dan solusi blog anda ditolak Google AdSense
Itulah artikel yang dapat saya bagikan ke anda semua, semoga bermanfaat untuk anda.

Stay postive

Sumber: strukturkode.blogspot.com
Blogger
Disqus

No comments