Hoax atau Fakta, Terima Telepon +62282 Bisa Mencuri Saldo Tabungan Anda


terima telepon +62282 bisa curi tabungan


Informasi hoax atau bohong sudah banyak beredar saat ini di media sosial, bahkan penyebaran nya sangat lah cepat. Salah satu berita hoax yang saat ini ramai di media sosial adalah soal telepon dari nomor +62282, yang bisa mencuri saldo tabungan anda melalui M-Banking.

Jadi jika anda pernah melihat pesan tersebut, sebaiknya abaikan saja. Karena, pesan itu sudah di pastikan pesan hoax alias berita bohong.

Alfons Tanujaya, pakar keamanan siber dari Vaksincom, mengatakan bahwa tidak benar jika anda mengangkat telepon dari nomor tersebut, bisa membuat saldo tabungan M-Banking anda berkurang.

Menurutnya nomor yang banyak di bicarakan oleh orang tersebut hanyalah milik dari opertator telekomunikasi.

"Itu si hoax (bohong) , karena itu adalah nomor dari operator telekomunikasi, kamungkinan milik XL. Kalau tidak salah banyak dialami oleh konsumen XL dan bisa saja nomor itu adalah nomor telemarketing mereka" , tutur Alfons saat di tanya wartawan, Sabtu (18/2/2017) di jakarta.

Menurutnya, untuk sekedar mencuri saldo tabungan, bukanlah perkara yang mudah dengan hanya lewat nomor telepon saja. Di butuhkan berbagai metode-metode canggih lainnya.

"Kalau M-Banking tidak mungkin sesederhana itu, yang ketika di hubungi tabungan kita langsung di jebol. Ya mustahil seperti itu" tutur Alfons.

Walaupun, pesan berantai itu hoax (bohong), alfons menghimbau untuk masyarakat agar tetap waspada jika mendapatkan nomor yang tidak di kenal.

"Kalau tidak kenal, sebaiknya jangan di telepon balik, bisa saja nanti pulsa nya di sebot juga. Seperti kasus kasus yang sebelumnya" pesan Alfons.

Saat di hubungi terpisah, Public Relations Manager XL, Henry Wijayanto, membenarkan bahwa nomor +62282 adalah salah satu nomor layanan pengguna XL. Sebenarnya nomor itu bukan untuk menipu konsumennya.

"Iya, itu sebenarnya nomor XL tapi untuk layanan Magic Call. Saat ini sudah di informasikan juga ke media sosial" , kata Henry.
Blogger
Disqus

No comments