Inilah Ciri-Ciri Aplikasi di Android yang Berbahaya Jika di Gunakan

Sekarang ini sudah banyak sekali aplikasi dan game Android yang sudah bisa kamu temukan di toko toko aplikasi Seperti Google PlayStore, AppStore dan lainnya.

inilah ciri ciri aplikasi android yang berbahay


Jika kamu tidak cermat dalam mengunduh aplikasi yang kamu unduh, bisa saja aplikasi tersebut terdapat virus yang berbahaya bagi Smartphone atau Tablet kamu.

Semakin tingginya pengguna Smartphone di dunia, ini bisa menjadi peluang besar bagi para Hacker (peretas) yang ingin menyebarkan virus lewat aplikasi gratis nya.

Lalu, bagaimana cara menghindarinya?


Cara nya cukup mudah, kamu hanya perlu melihat aplikasi yang mengandung virus dari Ciri-Ciri berikut ini, untuk mngetahui apakah aplikasi tersebut berbahaya atau tidak, kamu bisa lihat di bawah ini.

1. Pengembangan Aplikasi nya Tidak Jelas

Sebelum kamu memasang aplikasi, sebaiknya usahakan periksa terlebih dahulu sumber dari aplikasi tersebut. Seperti, siapa yang mengembangkan atau Developer dari aplikasinya. Jika tidak jelas atau tidak di ketahui sumbernya, ada kemungkinan aplikasi tersebut tidak kredibel untuk Smartphone kamu.


2. Aplikasinya Tidak ada di PlayStore

Untuk aplikasi yang berbahaya pasti tidak akan tersedia di Google PlayStore, karena PlayStore sendiri sudah merevisi apa saja yang salah di dalam aplikasi tersebut. Jika tidak sesuai dengan kriteria, maka aplikasi tersebut sudah di pastikan tidak akan di publish di PlayStore.

Mungkin aplikasi tersebut hanya tersedia di situs-situs berbagi aplikasi atau blog. Memasang aplikasi dalam format .apk terkadang beresiko mengandung virus.

3. Deskripsi Tidak Nyambung

Untuk aplikasi yang berbahaya biasanya, bisa kita kenali dari deskripsi yang tidak jelas atau tidak nyambung. Jika ada yang seperti itu, patut kita curigai bahwa aplikasi tersebut berbahaya bagi smartphone kamu.

4. Jumlah Unduhan dan Hasil Komentar

Jika aplikasi yang kamu ingin unduh ada di PlayStore, lebih baik kamu perhatikan jumlah unduhan dan hasil komentar terlebih dahulu. Ini akan menjadi tolak ukur, apakah aplikasi tersebut berukalitas atau malah mengandung virus yang berbahaya.

Biasanya aplikasi yang berkualitas sudah di unduh hampir 500 ribu pengguna serta mendapatkan Ratting 4 ke atas. Selain itu juga lihat beberapa testimoni di komentar, dari pengguna yang sudah mengunduh aplikasi tersebut.

5. Reputasi

Jika aplikasi yang berbahaya mungkin akan memiliki reputasi yang mencurigakan, baik itu di Google PlayStore atau pun para Developer aplikasi lainnya. Cermati lagi apabila ada yang tidak semsetinya, sebaiknya jangan di download. Karena bisa saja aplikasi tersebut berbahaya bagi Smartphone kamu.
Blogger
Disqus

No comments