.

Cara Mudah Cek Data Registrasi Ulang Kartu Prabayar


Cek Data Registrasi Ulang Kartu Prabayar


Cek Data Registrasi Ulang Kartu Prabayar -  Mengacu pada siaran pers No. 187/HM/KOMINFO/10/2017 tanggal, 11 Oktober 2017 tentang pemerintah yang akan mulai berlakukan peraturan terbaru tentang registrasi kartu prabayar dengan memvalidasi data Dukcapil di laman web kominfo.go.id, kewajiban meregistrasi ulang bagi setiap pengguna kartu prabayar sudah dimulai sejak 31 Oktober 2017 dan akan berakhir pada 28 Februari 2018 dengan mencantumkan NIK (Nomor Induk Kependudukan) dan NKK (Nomor Kartu Keluarga).

Namun, belakangan ini mencuat isu akan disalahgunakannya data privasi, lebih-lebih bagaimana jika NIK dan NKK kita ternyata sudah terdaftar atas nama orang yang tidak kita kenal?

Cek Data Registrasi Ulang Kartu Prabayar 


Cek Data Registrasi Ulang Kartu Prabayar Beranjak dari itu semua, Menkominfo bersama operator telekomunikasi tengah bekerjasama untuk menyiapkan fitur cek data kependudukan agar masyarakat bisa mengecek langsung kesesuaian data masing-masing di laman web yang nantinya akan disediakan khusus oleh operator terkait pada akhir bulan Nopember 2017.

Masyarakat wajib melaporkan ke gerai operator terkait dengan membawa dokumen asli KK dan/atau KTP, jika data NIK dan NKK mereka nantinya ternyata disalahgunakan oleh orang yang tidak dikenal, agar operator bisa langsung membatalkan registrasi data tersebut, namun untuk fitur pembatalan registrasi (unreg) ini masih belum bisa direalisasikan dalam waktu dekat.

Bersumber dari Tekno Liputan6.com (16/11/17), "Selesai 20 November nanti, Itu akan di buat sebuah fitur cek data, kalau untuk fitur unreg masih dalam pembahasan. Ini masih dalam tahap pengembangan dari pemerintah. Saya juga  tidak tahu kapan atau bisa, kita ikut peraturan saja." Ucap Merza.

Semoga fitur cek data kependudukan segera terealisasi sesuai target, sehingga masyarakat tidak lagi merasa was-was akan disalahgunakannya data privasi mereka. Dengan adanya hal semacam ini tentunya akan meminimalisir tindak kejahatan via telepon seluler.

Terimakasih atas kunjungannya, semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca, jangan lupa tinggalkan
Blogger
Disqus

No comments