Inilah Alasan Kenapa Koneksi Internet di Indonesia Lemot dan Mahal

Koneksi internet di Indonesia lemot -  Internet kini sudah menjadi kebutuhan setiap orang di muka bumi ini, tak terkecuali masyarakat di negeri kita tercinta ini. Semakin menjamurnya produk-produk smartphone tak di pungkiri turut menjadi sebab melonjaknya pengggunaan internet. Koneksi internet yang cepat dan stabil tentunya menjadi dambaan orang, dan jika di bandingkan dengan beberapa negara maju di seluruh dunia, indonesia tentu masih tertinggal.

Inilah alasan kenapa koneksi internet di Indonesia Lemot dan mahal
Images by i.ytimg.com

Ada banyak sekali faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kecepatan internet di suatu tempat atau negara. Namun pada dasarnya kecepatan internet di tiap-tiap negara tentu berbeda. Hal yang paling sering di alami oleh pengguna jika koneksi internet lemot adalah buffering saat sedang streaming video biasanya.

Koneksi Internet di Indonesia Lemot


Koneksi internet di Indonesia ini bisa lemot jika di bandingkan dengan negara-negara maju di Asia maupun di Eropa. Di kutip dari www.hipwee.com (11/04/2017) inilah alasan mengapa koneksi internet di indonesia lemot, tapi bersyukurlah karena bukan yang terlambat

Kurangnya infrastruktur yang memadai karena biaya yang mahal


Penjelasan sederhananya adalah untuk dapat menikmati koneksi dengan kecepatan tinggi tentu di butuhkan infrastruktur yang memadai seperti kabel, tower dan banyak lagi, yang tentu saja memerlukan biaya yang tidak sedikit. Mungkin ini juga sebabnya mengapa harga kuota juga cukup mahal.

Masalah geografis alam di Indonesia itu sendiri


Masalah ini adalah kelanjutan dari infrastruktur yang tidak memadai, infrastruktur yang tidak memadai biasanya disebabkan geografis alam indonesia itu sendiri. misalnya untuk membuat sebuah tower tentu diperlukan sebuah jalan yang memadai agar bisa menjangkau lokasi yang akan di bangun tower tersebut. Akses jalan yang sulit inilah yang membuat biaya pembangunan infrastruktur semakin mahal. Kondisi alam indonesia itu sendiri ternyata sangat berpengaruh bagi kecepatan koneksi internet

Tingginya angka pengguna internet di Indonesia


Pada tahun 2011 saja tercatat 55 juta jiwa atau 22.4 % dari jumlah populasi di Indonesia. Indonesia tercatat sebagai negara dengan jumlah pengguna internet terbanyak ke 8 dari seluruh dunia,dan peringkat ke 4 se Asia. Semakin tingginya pengguna internet di negeri ini tentu menyebabkan rata-rata kecepatan internet menjadi menurun.

Mahalnya biaya untuk mengakses website luar negeri


Tentu kita sudah tidak asing dengan Youtube, google, facebook dan lain-lain, website-website tersebut server-nya berada di luar negeri. Dan untuk mengakses situs tersebut ternyata di butuhkan biaya yang tidak sedikit, agar dapat berlangganan koneksi internasional tersebut ini biayanya sangatlah mahal, 1 Mpbs saja mencapai 100USD.

Itulah beberapa sebab mengapa koneksi interet lemot, namun saya ingatkan lagi tetaplah bersyukur, walaupun lambat tetapi bukan yang terlambat. Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk sobat semua, silahkan tuliskan pendapat kalian di kolom komentar.